Saturday, December 29, 2012

What I'm Dealing with.........during The Holiday

Nggak kerasa udah seminggu liburan. Tandanya tinggal seminggu lagi sebelum masuk sekolah dan beberapa jam lagi sebelum malam pergantian tahun. Udah ngapain aja nih selama liburan seminggu? Pergi berwisata sama keluarga? Sama teman? Sama pacar? Atau sendirian? Atau malah nggak pergi ke mana-mana? Menetap di rumah, atau lingkup lebih kecil lagi di kamar, menghabiskan waktu dengan keluarga, bikin kue sama nyokap, bantuin bokap beresin gudang, karaokean sama adek? Well, banyak cara buat ngabisin waktu liburan.Tapi, yang gue kerjain selama seminggu ini, nggak kayak semua yang udah gue sebutin di atas sebelumnya.

Liburan kali ini, gue memutuskan untuk stay di Jogja aja. Karena biasanya tiap libur gue pasti balik ke Jakarta, Tepat sehari setelah ngambil rapor. Emang udah rencana dari awal sih, buat nggak pulang. Bukan karena nggak ada uang buat beli tiket, tapi lebih ke nggak ada keinginan buat balik tahun ini. Secara, ini tahun terakhir gue di SMA. Emang ekspektasinya sih, nggak pulang ke Jakarta biar bisa main seharian terus-terusan sama temen-temen, touring ke sana sini, tapi ternyata, susah juga ya ngumpulin orang pas lagi liburan, ada yang alesannya nggak punya duit, mager alias males gerak, bantuin ibu di rumah, jadi tukang ojek mas-nya, dan segala alasan klasik lainnya, dan hal-hal kayak gitu yang akhirnya bikin gue stay di rumah, eh maksudnya stay di kamar. 

Di kamar juga akhirnya gue cuma bisa gambar-gambar nggak jelas, nulis-nulis nggak jelas, nyanyi-nyanyi nggak jelas, pokoknya semuanya yang nggak jelas-_-Tapi akhir-akhir ini, gue jadi nyadar sebenernya gue nggak perlu nambahin kata "cuma" di awal kalimat paragraf ini, Karena, hal-hal itu tadi yang membuat gue nyaman ngendon dari pagi sampe sore sampe malem sampe ketemu pagi lagi(tenang-tenang gue masih keluar kalo mau mandi sama makan sama nonton kartun kok). Selama di kamar juga akhirnya gue melampiaskan tenaga gue buat beres-beres kamar, redecorate all the stuffs in my room. And yes, I just love doing that hahaha

Baru ngeh juga sih, selama di kamar gue banyak menghabiskan waktu gue di meja belajar. Mantengin laptop buat baca-baca artikel, baca majalah, nyari-nyari inspirasi, liat desain desain typography, fashion, makan, ngemil, bengong, mikir, nulis, nonton daaaaaaaaaaaaaaaaaan lain-lain. Habis itu gue jadi mikir, sebenernya nyawanya kamar gue itu justru ada di meja belajar ini ya, bukan di tempat tidurnya, secara gitu kan judulnya aja "kamar tidur". Dan emang spot di kamar yang paling enak dan bikin gue jadi produktif tuh ya meja belajar. 

Menurut gue meja belajar atau meja kerja itu harus punya kriteria di bawah ini nih:

1. Nyaman
Punya work/study area yang nyaman is A MUST! Kebayang nggak sih kalo lo sendiri nggak nyaman di suatu tempat yang akan lo tempati berjam-jam berhari-hari, berminggu-minggu, buat kerja atau belajar, pasti lo juga bakal susah dapet inspirasi, untuk itu, kenyamanan dalam belajar/bekerja itu salah satu yang harus diperhatikan. Oiya, nyaman atau nggaknya seseorang sama work area-nya itu juga beda-beda ya, ada yang harus kerja atau belajar di tempat yang rapi, tapi ada juga yang malah enjoy waktu tempatnya berantakan. So, take your time to make your work area fits in you.

2. Kondusif
Yang ini juga faktor pendukung dari faktor sebelumnya. Work area lo harus punyda kondisi yang kondusif buat lo kerja atau belajar di sana. lingkungan sekitar work area lo pastinya harus ngedukung. faktor yang ini soalnya juga berkaitan erat sama mood lo, juga daya konsentrasi lo ke kerjaan lo.

3. MENjangkau
Itu tulisannya MENJANGKAU ya bukan TERJANGKAU. Ini bukan soal berapa harga taksiran untuk work area lo, tapi ini soal keterjangkauan antara lokasi work area lo sama barang-barang yang kira-kira lo butuhin waktu lo kerja. Makanya, work area harus di set up sedemikian rupa, biar barang-barang yang kira-kira lo butuhin berada dekat di sekeliling lo. Menurut gue, ini penting banget, soalnya, bayangin aja kalo misal, tempat pensil lo taroh jauh, dari lo, tiap lo butuh sesuatu dari tempat pensil lo pasti lo harus bangkit dari kursi pergi ke tempat di mana tempat pensil itu berada, ckckc nggak efisien banget.

4. Inspiratif
Karena work area adalah tempat di mana kerja, dan meres otak, jadi paling nggak work area tuh harus bisa otak "terang" waktu ada disitu. Misal, naroh kata-kata inspiratif di depan work area, atau foto-foto, bisa juga speaker untuk iPod buat mengistirahatkan otak setelah bergulat dengan kerjaan.

Nih beberapa snapshot tentang work area gue. Check this out!
Yup this is my work area, too simple huh?



the lil table, to put my stuffs; novels, books, pencil case
I love em so much!!

The magazine!!! Yeah I love this magazine, so inspiring!
These things are what I keep in my pencil case, and yes, I wrote them all :D

What I see in front of my work area
Besides, I also have my comfort zone, this is it!
The place where I run to when those homework pissed me off
Well, that's all I can give to you, fellas. Be productive! Be You! :)