Tuesday, October 14, 2014

Tujuan Awal

          Dari sebuah sekre kecil penuh melodi, petikan gitar, tabuhan kajoon, dan suara merdu dari seorang vocalist, di sudut sebuah kampus , mari merapikan kenangan. Menulis dan menikmati keindahan. Tentang persahabatan.

          Pagi itu saya meluncur dari tempat saya menuntut ilmu, sekitar 30an kilometer ke tempat di mana tidak ada satupun sinyal operator yang sampai di sana. Ke sebuah tempat yang menurut saya sudah jadi obat muncak untuk saya yang sudah punya KTP tapi tidak juga boleh muncak sama ibunda di rumah. Tempat saya  berkumpul dengan para sahabat yang berada di jalan yang sama, dengan semangat pembelajar yang sama, untuk agamaNya. Bismillah.

          Untuk saya pribadi, dua hari yang katanya disebut MAKRAB untuk Keluarga Muslim FISIP itu tidak hanya sekedar makrab, itu lebih dari Makrab, dua hari itu adalah dua hari penuh pelajarandan hari-hari di mana saya bisa introspeksi tentang bagaimana saya selama ini baik di organisasi, di lingkungan atau di keluarga saya.

...

          Pertanyaan pertama, kenapa sih kamu berorganisasi?
Pertanyaan yang biasa ditanyakan saat kita inteview di open recruitement suatu organisasi. Dan kira-kira begini motivasi saya waktu mendaftar ingin menjadi salah satu anggota BEM FISIP UNS,




Dari yang saya dengar dari pemateri saat itu, beliau mengatakan ada 3 motivasi yang biasa disebutkan oleh orang-orang yang sedang interview, mengapa ingin masuk ke organisasi tersebut? Jawabannya, yang pertama adalah; mencari ilmu, lalu mencari jaringan, kemudian mencari pengalaman. Bisa dibilang betul juga, saat saya beberapa dihadapkan dengan beberapa teman yang saya screening untuk masuk ke sebuah kegiatan kebanyakan itu tujuan-tujuan yang ingin mereka capai saat masuk ke sebuah organisasi.
          Tetapi ternyata kata pembicara saat itu yang mana adalah ketua LDK Tingkat Universitas tidak perlu masuk Organisasi kalau yang ingin dicapai adalah hal-hal itu saja. Kalau dipikir, betul juga, lantas saat kita sudah merasa cukup dengan ilmu kita tentang ke-organisasi-an, atau kita sudah memiliki cukup teman, atau sudah harus loncat ke organisasi lain agar, karena jaringan yang kita bangun dari organisasi tersebut sudah banyak dan mulai harus membangun, atau alasan lain yang sifatnya bisa habis, bisa hilang, bisa sajakita tinggalkan sewaktu-waktu.

                         Jangan tanyakan apa yang negara berikan padamu, tanyakan apa yang sudah kau berikan pada negara! –John F. Kennedy

Kadangkala, entah siapa, tau mungkin saya sendiri, lebih sering menuntut organisasi saya menjadi A atau B, tapi lupa, tujuan awal saya yang ada di atas tadi, ingin menjadikan organisasi ini lebih baik dan lingkungannya lebih baik juga. Padahal jika kita membuat sebuah daftar tentang apa saja yang sudah saya lakukan untuk organisasi saya mungkin saya akan kebingungan untuk menuliskan apa saja yang sudah saya berikan untuk organisasi saya.
    Kalau keinginan kita timbul tenggelam, mimpi kita kadang terasa blur dan kita merasa berat untuk merealisasikannya, pasti ini saatnya untuk menggantungkan impian kita untuk organisasi yang kita ikuti lebih tinggi dari sekedar awan-awan di langit, lebih indah dari birunya langit, lebih jauh dari matahari atau Pluto sekalipun. Pastii ini saatnya untuk saya dan teman-teman untuk memberikan menitipkan mimpi-mimpi saya kepada Allah, untuk digenggam, untuk dijadikan pengingat bagi kita, agar saat kita lelah, kita kembali lagi padaNya, kembali mengingat kenapa kita memulai jalan yang ini, dengan tujuan akhir tentu untuk mendapatkan ridhaNya.






        

No comments:

Post a Comment