Thursday, April 12, 2012

Diet Beda Rasa

Pernah diet dan tiap menit kayak gini?


Apa yang kamu lakuin waktu diet? kayak gini?

Dan..............tiap ngeliat................

atau ini....................

Kamu ngerasa seperti ini.........

Aduhhh, baru nulis dan ngingetnya aja kok udah berasa nyiksa banget ya? Ini diet apa masuk penjara? Makan apa-apa jadi nggak boleh? Hehehe
Sebelumnya, nggak ada maksud buat menyesatkan ceman-ceman semua tentang Diet loh, cuma mau share aja, kalo gue juga lagi diet :)
Tapi..........................Diet gue ini beda loh. Diet yang bener-bener beda dari dietnya orang kebanyakan. Mau tau lebih banyak kan? Yuk mari, dibaca terus post ini :)

Untuk pagi ini aja, udah berapa banyak makanan yang menggunakan plastik sebagai pembungkus yang udah kamu makan? Eits, mentang-mentang judulnya diet, yang gue bahas di sini, bukan tentang makanan apa yang lo makan, tapi tentang Si Plastik yang ngebungkus makanan lo ini. Coba inget dan itung-itung lagi, udah berapa banyak plastik yang lo gunain seharian ini aja.
Satu?
Lebih dari Satu?
Lebih dari dua?
Nggak kehitung??!
Wah, kegiatan yang kayak gini, harus segera dikurangi nih ceman-ceman, kenapa? Karena, menurut sumber yang gue baca,
  • Diperkirakan 6.4 juta ton sampah masuk ke laut setiap tahunnya di seluruh dunia (disadur dari data National Academy of Sciences)
  • Perkiraan lainnya juga mengatakan sebanyak 8 juta potong sampah masuk ke laut setiap harinya.
  • Lebih dari 1 juta binatang laut mati akibat plastik setiap tahunnya
  • Setiap tahun rata-rata orang menghabiskan 700 kantong plastik
  •  Setiap tahun diperlukan 12 juta barel minyak serta 14 juta pohon untuk membuat semua plastik 
Kebayangkan betapa banyaknya kita gunain plastik setiap hari? Dan pasti kebayang juga dong, seberapa besar kita ikut ngasih kontribusi untuk merusak bumi kita? Padahal butuh waktu sekitar 400 tahun agar plastik bisa hancur. Gileeeeeeeeeeeee lama benerrrrrrrrrrrrrr!

Nah, untuk itu, karena gue prihatin sama keadaan lingkungan kita yang kian lama kian memburuk,salah satunya karena gangguan sampah plastik, dan gue peduli sama lingkungan di mana gue tinggal, which is di Gunungkidul, DI Yogyakarta, Indonesia, Bumi. Makanya, gue sebisa mungkin melakukan DIET!

DIET macam apa yang gue lakuin?
Diet yang gue lakuin adalah, *jeng.....jeng....jeng* *zoom in zoom out*
DIET MENGGUNAKAN KANTONG PLASTIK.
Terlalu simpel? Ngerasa kalo lo ngelakuin ini nggak akan ngaruh ke kondisi bumi lo? Yahhh, payah deh, kalo lo mikirnya kayak gitu :P Gue jelasin, dulu ya caranya, hihihi.

Caranya gampang banget, Gue sering melakukan ini, setiap gue pergi ke mana-mana.

  1. Waktu gue pergi ke indo*aret atau alfam*rt buat belanja, di kasir*ini mau bayar, bukan ngutang* sebelum mbak/mas pramuniaganya ngeluarin Si Plastik, gue bilang "Mbak/Mas, nggak usah pake plastik, masukin ke tas saya aja." Dan gue terlepas dari jeratan plastik.
  2. Waktu Abang-Abang Bakso lewat depan rumah, gue setop abangnya, terus gue kasih mangkok saktinya, biar si abang menuangkan curahan baksonya ke mangkok sakti gue *oke udah mulai terpengaruh film laga* Lagi, gue terlepas dari jeratan Si Plastik.
  3. Kali ini, gue mau makan bakso, dan nggak ada Si Abang yang biasa lewat depan rumah, tandanya gue harus bergerak 1km ke arah Selatan untuk menemukan tukang bakso. Kali ini, gue nggak mungkin dong bawa-bawa mangkok ke tempat Tukang Bakso? Untuk itu, gue makan di tempatnya. Sekali lagi, gue terlepas dari jerat Si Plastik :')
Apasih nin, terlalu mengada-ada deh. Gitu doang mah, mana kerasa efeknya?!
Mungkin post ini, terlihat mengada-ada, terlalu naif atau malah bodoh sampe nggak bisa bedain mana masalah serius(masalah sampah Plastik) sama humor abal(macam tukang bakso), tapi, coba lo bayangin, kalo aja setiap orang yang pergi ke minimarket yang gue sebutin tadi nggak pake plastik, kalo orang-orang yang beli bakso nggak pake plastik buat bungkus baksonya, akan ada berapa kilogram tanah yang terjaga? akan ada berapa liter oksigen yang masih bersih? akan ada berapa meter persegi laut yang bersih tanpa sampah plastik?

Untuk itu, semua hal butuh niat dan rasa percaya. Kalo lo udah niat buat ngelakuin suatu hal, then do it! Dann jangan lupa, terus motivasi diri lo sendiri buat terus melakukan apa yang lo lakukan itu, biar apa yang lo lakuin juga bisa terus dilakuin, dan orang-orang yang ada di sekeliling lo bisa ngikutin apa yang lo lakuin. SATU SYARAT : Asal, apa yang lakuin itu emang bener-bener suatu hal yang baik loh ya.


JADI, UDAH BERNIAT BUAT BERDIET PLASTIK?