Sunday, March 25, 2012

Call them as Friends!

Ngeliat barisan buku di meja, gue jadi flashback lagi, kapan kira-kira gue jadi suka baca buku. Here we  go! Let's flashingback~

Waktu TK-SD! Gue suka dapet kiriman majalah Bobo dari pakde gue yang kerja di majalah itu. Tahukan majalah bobo? Itu loh, majalah yang simbol utama si manusia kelinci yang pake baju warna merah ada huruf B di kaosnya. Di situ, rubrik kesukaan gue tuh, Husin, Asta dan Paman Gembul, terus ada juga Oki dan Nirmala, nggak lupa Bona dan Rong-rong. Cerpen-cerpennya juga seru-seru. Jadi enjoy banget deh kalo lagi baca majalah itu, waktu kecil, hihihi.

Terus lanjut pas SMP! Minat baca gue waktu SMP kelas 7 itu sangat amat menurun. Jangankan novel, sama yang namanya majalah aja gue males-malesan bacanya. Tapi, pas masuk kelas 8, gue deket sama salah satu temen gue yang bisa dibilang pecinta buku, masih inget banget nnih di otak, namanya Amira.Cewek keturunan Arab ini ngenalin sama dunia per-buku-an. Buku rekomendasi dia yang pertama itu buku tentang Keluarga Flood, tapi gue nggak tertarik. Abis itu, dia rekomendasiin lagi, bukunya Andrea hirata yang Laskar Pelangi. Satu waktu, dia bawa buku Laskar Pelangi ke sekolah. Pas dia baca buku itu, dia ngakak, terus juga tiba-tiba menggerang, kalo nemuin part-part yang sedih. Gue jadi penasaran gitu kan, terus dia nyuruh gue baca bukunya, habis dia selesai baca buku itu. Nggak lama kemudian, dia pinjemin bukunya. Awalnya gue yang males banget ngeliat buku setebel(iya, itu buku terteabal yang pernah gue baca pada masa itu), tapi gue tetep coba buat baca. Dan ternyata bukunya bagus. Banget. Gue ketawa, gue nangis, gue kesel, gue tulis quotes-quotesnya, salah satu quotes dari Andrea hirata yang gue tulis tuh,
Life is what happen to us 
while we are busy making plan
Buku Laskar Pelangi tuh udah buat gue suka sama dunia per-buku-an. Dari situ, mulailah, gue baca novel-novel  dari fantasy sampe romance. Kebetulan, sekolah gue dulu deket banget sama Tempat Peminjaman Buku, namanya Silva sama Beebook. Kalo habis pulang sekolah biasanya gue ke Silva, tapi kalo weekend gue ke Beebook. Dari novel, gue mulai coba baca komik. 1 hari gue bisa pinjem 4-6 comic, dan itu bisa habis dalam sehari. Maniac. Bisa dibilang gitu. Tapi, di SMP, gue  pecinta buku yang nggak modal. maksud gue, gue cuma mau minjem, yang penting nggak harus merogoh kocek sampe berpuluh-puluh ribu untuk baca buku, dan yak, maklum juga lah, waktu jaman gue, e-book belum gitu populer kayak sekarang ini.

Terus lanjut SMA! Semester pertama kelas 10, gue masih baca buku.Buku-buku yang gue baca cuma hasil pinjeman dari Perpustakaan sekolah. Di SMA ini, gue mulai baca novel-novel dengan bahasa inggris, sekalian buat belajar juga maksudnya. Terus gue kenal temen gue yang namanya Desita. Dia yang ngenalin gue sama Toko Buku di daerah gue yang mbak-mbaknya baik dan update sama perkembangan per-buku-an, ya tau sendiri lah, wilayah gue emang jauh banget dari toko buku besar. Toko Buku Kutubuku namanya. Di sini, gue mulai suka beli buku. Satu demi satu, buku terkumpul. Awalnya emang biasa aja, tapi makin lama, gue makin ngerasa ada kepuasan tersendiri kalo ngeliat buku-buku gue berjejer di meja. Rasanya, enak aja ngeliatnya.Terus pengen nambah terus rasanya, soalnya pengen banget gue punya perpustakaan sendiri, atau buat taman bacaan gitu, pasti seru deh, hihihi.
Buku-buku yang menghiasi meja gue :D
Sampe sekarang bukut gue ada 22, tapi kenapa di foto itu ada 24 buku? Karena, yang 2 buku itu, gue pinjem di perpustakaan daerah dan belum sempet gue balikin, hihihi. Gue sebutin satu-satu deh ya :
  1. Edgar-Ellen : 
  2. Kambing Jantan : Raditya Dika
  3. Radikus Makan Kakus : Raditya Dika
  4. Kambing Jantan Komik 2 : Raditya Dika
  5. The Naked Traveler : Trinity
  6. The Naked Traveler 2 : Trinity
  7. Winter And Night : S. J. Rozan (pinjeman)
  8. Rain Affair : Clara Canceriana
  9. Let Go : Windhy Puspitadewi
  10. Cinta Brontosaurus : Raditya Dika
  11. Midah Si Manis Bergigi Emas : Pramoedya Ananta Toer
  12. Istoria da' Paz : Okke 'sepatumerah'
  13. Manusia Setangah Salmon : Raditya Dika
  14. Love Story : Erich Sagal
  15. Marmut Merah Jambu : Raditya Dika
  16. Babi Ngesot : Raditya Dika
  17. After, Luc dan Aku : 
  18. Pride and Prejudice : Jane Austen
  19. Ghost Girl : Tonya Harley
  20. Kelas 205 :  Tracy Kidder
  21. Moga Bunda Disayang Allah : Tere-Liye
  22. Pillow Talk : Christian Simammora
  23. The Naked Traveler 3 : Trinity
  24. Pardon Me, You're Stepping on My Eyeball : Paul Zindel (Pinjeman)
Itu tadi koleksi buku gue, masih dikit sih but, Call Them As Friends of mine :) Dan kalo di inget-inget, "A must have books"-List gue juga nggak kalah banyaknya :') aduh udah deh nggak mau nginget-inget deh, nanti malah terserang penyakit Kalapus maximus(mau tau apa itu? baca post gue sebelumnya).

Yang pasti, kenapa gue suka baca? Alasannya, karna dengan baca, gue bisa masuk ke dunia lain. ke dunia yang emang jauh dari realita, di mana gue bisa nemuin sapu terbang, hujan pelangi, cinta, dan lain-lain, dan hal-hal itu yang bikin gue betah buat lama-lama baca. Nggak jarang gue kadang masih suka nyengir-nyengir walau cerita di novel atau buku udah kelar gue baca. Gue...........jatuh cinta sama cerita, karakter, setting semua yang ada dalam buku. Dan kalo udah kayak gitu, gue jadi mikir, gue kehilangan kewarasan gue. Gue jadi ngebandingin semua hal yang ada di realita sama yang ada di dalem novel. Hahahaha gila.

Well, buat semuanya yang suka baca, terusin ya bacanya! Yang nggak suka baca, coba deh buat baca yang ringan-ringan dulu kayak cerpen atau antologi cerpen, resapin tuh setiap kata yang ada dalam cerita, lama-lama asik dan nagih banget deh!

Karena, Baca, adalah salah satu cara di mana lo bisa berpetualang, masuk ke dunia yang mungkin sampe nggak mungkin terjadi di realita tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Happy reading everyone!

2 comments:

  1. waw, banyak juga ya bukunya.
    Semoga kedepan nggak cuma jadi pembaca, tapi jadi penulisnya :)

    ReplyDelete